Bus Terjun ke Tanggul di Etiopia, 38 Penumpang Tewas - Kompas.com

Bus Terjun ke Tanggul di Etiopia, 38 Penumpang Tewas

Kompas.com - 13/03/2018, 21:47 WIB
Kondisi bus yang jatuh ke dalam tanggul di utara Etiopia, Selasa (13/3/2018). Dilaporkan 38 penumpang tewas akibat kecelakaan tersebut.AMHARA MASS MEDIA AGENCY/AFRICANEWS Kondisi bus yang jatuh ke dalam tanggul di utara Etiopia, Selasa (13/3/2018). Dilaporkan 38 penumpang tewas akibat kecelakaan tersebut.

LEGAMBO, KOMPAS.com - Kecelakaan bus terjadi di Etiopia, Senin (12/3/2018). Dilaporkan setidaknya 38 penumpang tewas setelah bus yang mereka tumpangi masuk ke dalam tanggul di samping jembatan.

Menurut laporan otoritas setempat, insiden terjadi di distrik Legambo, negara bagian Amhara. Korban tewas terdiri dari 28 pria dan 10 perempuan.

"Total 38 penumpang tewas, sedangkan 10 lainnya selamat. Namun mereka mengalami luka ringan hingga parah," tulis media lokal, FBC, dilansir Africa News.

Baca juga: Bus di India Terjun ke Sungai, 36 Penumpang Ditemukan Tewas

Insiden terjadi di antara kota Dessie dan Mekane Selam. Negara bagian Amhara terletak di utara ibu kota Addis Ababa.

Juru bicara pemerintah daerah Amhara, Nigussu Tilahun, mengkonfirmasi kecelakaan yang terjadi pada awal pekan ini tersebut.

Dia menambahkan, kebanyakan korban tewas merupakan warga sekitar lokasi kejadian. Di antara para korban sebagian adalah siswa sekolah maupun lembaga pendidikan tinggi.

"Untuk penyebab terjadinya kecelakaan masih belum dapat dipastikan. Bisa saja karena masalah teknis. Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan," ujarnya.

Situs berita independen Addis Standard melaporkan, tanggul tempat jatuhnya bus memiliki kedalaman sekitar lima meter.

Etiopia menjadi negara dengan penduduk paling padat kedua di Afrika.

Baca juga: Bus Terjun Bebas ke Sungai di India, 32 Tewas

Perekonomian di negara itu termasuk yang mengalami pertumbuhan cukup cepat dan telah memperluas serta memperbaiki jaringan transportasinya dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak warganya yang memilih menggunakan moda transportasi umum seperti bus untuk melakukan perjalanan jarak jauh.


Komentar
Close Ads X