Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2018, 13:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah lukisan dari abad ke-19 karya seniman Perancis, Edgar Degas yang hilang dicuri dari sebuah museum di Marseille sembilan tahun lalu, tak sengaja ditemukan.

Lukisan berjudul "Les Choristes" atau "Penyanyi Kor" yang diperkirakan bernilai hingga 700.000 poundsterling (sekitar Rp 13 miliar) itu ditemukan petugas saat menggelar pemeriksaan rutin di jalan raya, Jumat (23/2/2018).

Dilansir dari Telegraph, lukisan itu tak sengaja ditemukan petugas di dalam koper dalam bagasi sebuah bus. Tidak ada di antara penumpang bus saat itu yang mengaku sebagai pemilik koper tersebut.

Baca juga: Lukisan Grafiti Dihapus, 21 Seniman Terima Ganti Rugi Rp 92 Miliar

Petugas lantas menyerahkan lukisan tersebut kepada ahli seni di Museum Orsay untuk memastikan keasliannya.

Sementara, penyelidikan terkait bagaimana lukisan tersebut dapat berakhir di bagasi bus diserahkan pada satuan polisi Perancis khusus pencurian benda seni, OCBC.

Menteri Kebudayaan Perancis, Francoise Nyssen, mengungkapkan kegembiraannya atas ditemukannya kembali lukisan yang sempat dicuri itu.

"Malam saat hilangnya lukisan tersebut menjadi kerugian besar bagi warisan impresionis Perancis, sehingga saat ditemukan kembali tentu ini menjadi kebahagiaan tersendiri," kata Nyssen.

Di malam terjadinya pencurian, pada 31 Desember 2009, polisi tidak menemukan adanya tanda-tanda orang yang membobol museum, membuat polisi meyakini pencurian dilakukan dengan bantuan orang dalam.

Baca juga: Lukisan Cat Air Karya Adolf Hitler yang Langka Ditemukan

Edgar Degas merupakan salah satu seniman di era abad ke-19 yang lebih dikenal dengan karya lukisan dan patung penarinya.

Seniman yang lahir di Paris pada 1834 tersebut menjadi salah satu yang mengawali seni lukis impresionis.

Aliran tersebut ditandai dengan karya lukisan menggunakan goresan kuas tipis dan kecil untuk menggambarkan kesan visual dari efek gerakan dari cahaya dan warna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com