Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus di India Terjun ke Sungai, 36 Penumpang Ditemukan Tewas

Kompas.com - 29/01/2018, 23:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BENGAL BARAT, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 orang dilaporkan tewas dalam kecelakaan bus di negara bagian Bengal Barat, Senin (29/1/2018) pagi waktu setempat. Bus tersebut terjun ke sungai setelah menabrak pagar pembatas jembatan.

Dilansir dari AFP, penyelidikan awal dan keterangan saksi mata menyebut bus melaju dalam kecepatan tinggi berusaha menyalip saat berada di atas jembatan.

Namun bus kemudian hilang kendali, menjebol pagar jembatan dan terjun dari ketinggian 12 meter ke sungai Bhairav di bawahnya.

"Petugas penyelamat sampai saat ini telah menarik keluar 36 jenazah dari dalam bus. Sementara sembilan penumpang yang ditemukan dalam keadaan selamat telah dibawa ke rumah sakit," kata Menteri Transportasi Subhendu Adhikari.

Baca juga: Bus Sarat Penumpang Terbakar di Kazakhstan, 52 Tewas

Diyakini ada hingga lebih dari 50 penumpang di dalam bus saat kecelakaan terjadi.

Upaya penyelamatan di lokasi kecelakaan yang berada di distrik Murshidabad, sekitar 300 kilometer dari kota Kolkata, masih terus dilakukan hingga Senin malam.

"Kami mengkhawatirkan beberapa penumpang telah hanyut saat kaca jendela bus pecah akibat benturan," tambah Adhikari.

Bus semula terbenam di dasar sungai, namun tim penyelamat telah menyeret badan bus ke tepian sungai, sebelum kemudian memotong badan bus untuk memudahkan mengeluarkan jenazah para korban.

Insiden kecelakaan yang melibatkan moda transportasi umum di India termasuk sering terjadi. Sebelumnya pada Desember 2017, setidaknya 32 orang tewas setelah sebuah bus terjun ke sungai di negara bagian Rajasthan.

Baca juga: Bus Terjun Bebas ke Sungai di India, 32 Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com