Kompas.com - 07/03/2018, 12:40 WIB
|

BANGKOK, KOMPAS.com - Sebuah momen luar biasa terjadi ketika seorang perempuan melakukan bedah caesar darurat terhadap seekor induk kera yang mati tertabrak mobil.

Hebatnya, bedah caesar darurat yang dilakukan di tepian jalan di luar kuil Wat Khao No di Nakhon Sawan, Thailand ini sukses menyelamatkan bayi di dalam kandungan si kera yang mati itu.

Orang yang melakukan pembedahan darurat ini adalah Padtama Kedkuerviriyanon (36) yang sehari-hari bekerja menjual makanan kera kepada para turis yang datang ke kuil tersebut.

Meski tak memiliki latar belakang medis, Padtama dengan hati-hati membelah perut kera hamil itu dengan menggunakan pisau dan mengeluarkan bayi kera itu dari dalam kandungan induknya.

Baca juga : Populasinya Melonjak, Ratusan Kera di Gunung Tidar Akan Dipindah

Kepada media setempat Padtama mengatakan, dia melakukan pembedahan murni karena mengingat pengalamannya menjalani bedah caesar beberapa tahun lalu.

"Saat itu, saya hanya berpikir bayi kera itu akan mati di dalam kandungan induknya jika saya tak melakukan apapun," kata Padtama kepada harian The Bangkok Post.

Naluri Padtama adalah melakukan apapun untuk menyelamatkan bayi kera itu meski tak memiliki latar belakang ilmu kedokteran hewan.

Setelah melihat induk kera itu mati tertabrak mobil, Padtama langsung mencari sebilah pisau. Dia kemudian dengan amat hati-hati membuka perut kera yang sudah mati itu.

Di saat Padtama sibuk melakukan pembedahan, seorang kerabatnya mengabadikan peristiwa itu lewat telepon genggamnya.

Beruntung, kenekatan Padmata berbuah manis. Bayi kera itu bisa dikeluarkan dengan selamat dan langsung bersuara dengan riang begitu melihat wajah Padtama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.