Kompas.com - 06/03/2018, 17:55 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pertemuan yang terjadi antara delegasi Korea Selatan (Korsel), dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un menghasilkan sesuatu yang positif.

Kantor berita KCNA, seperti dilaporkan Russian Today Selasa (6/2/2018) mengabarkan kalau perwakilan Korsel dan Kim saling bertukar ide mengenai wacana menggelar Konferensi Antar-Korea.

Sejak 2000, tercatat dua kali Korsel dan Korut melakukan konferensi. Yang pertama terjadi 2000, adapun yang kedua di 2007.

"Mendengarkan niat Presiden Korsel Moon Jae In untuk menggelar konferensi, pemimpin kami menyampaikan pandangannya, dan tercipta kesepakatan yang memuaskan,' tulis KCNA.

Namun, tidak dijelaskan secara terperinci seperti apa bentuk "kesepakatan" yang disebutkan dalam pertemuan tersebut.

Baca juga : Petinggi Korsel Bakal Bertemu dengan Kim Jong Un

Sumber di Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, sebutan Kantor Kepresidenan Korsel menyebut, memang ada kesepakatan yang terjalin.

"Kesepakatannya saya rasa tidak mengecewakan. Detil baru akan dipaparkan setelah para utusan kembali pada Selasa," ujar sumber itu kepada Korea Joong Ang Daily.

Merujuk kepada Russian Today, bentuk kesepakatan itu adalah dukungan Kim untuk meningkatkan relasi antara Korsel dan Korut.

"Kim memerintahkan otoritas terkait untuk mengambil langkah yang diperlukan dalam menorehkan sejarah baru dalam proses reunifikasi," ujar Russian Today.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan tengah) berbicara dengan delegasi Korea Selatan saat makan malam di Pyongyang, Korea Utara, Senin (5/3/2018). (KCNA via AFP) Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan tengah) berbicara dengan delegasi Korea Selatan saat makan malam di Pyongyang, Korea Utara, Senin (5/3/2018). (KCNA via AFP)

Sebelumnya, 10 delegasi Korsel bertolak dari Seoul menuju Pyongyang Senin (5/3/2018). Mereka dipimpin oleh Kepala Keamanan Nasional Chung Eui Yong.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.