Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Kim Jong Un dan Mendiang Ayahnya Punya Paspor Brasil

Kompas.com - 28/02/2018, 08:31 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


BRASILIA, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan mendiang ayahnya Kim Jong Il memiliki paspor Brasil dengan nama palsu, dan tanggal serta tempat kelahiran yang juga palsu.

Dengan begitu, mereka diyakini dapat mengajukan visa untuk bepergian ke negara Barat tanpa diketahui sekitar 1990-an.

Laporan dari Reuters seperti dilansir dari Fox News, Rabu (28/2/2018) menyebutkan, lima petugas keamanan senior di Eropa mengungkapkan hal tersebut.

"Mereka menggunakan paspor Brasil ini, yang dengan jelas menunjukkan foto Kim Jong Un dan Kim Jong Il, untuk mencoba mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata seorang sumber.

Baca juga : Kim Jong Un Ingin Rekonsiliasi dengan Korea Selatan Terus Berlanjut

Paspor yang diduga milik Kim Jong Un itu tertulis dengan nama Josef Pwang, dengan tanggal kelahiran 1 Februari 1983.

Namun, tidak jelas tanggal tersebut benar-benar hari kelahirannya, karena hingga kini tak pernah ada catatan resmi mengenai tanggal kelahiran Kim Jong Un.

Ketika memiliki paspor tersebut, Kim Jong Un diperkirakan masih berusia sekitar 12 hingga 14 tahun.

Sementara pada paspor yang dimiliki Kim Jong Il, terdaftar dengan nama Ijong Tchoi dengan tanggal lahir pada 4 April 1940. Tempat kelahiran keduanya tertulis di Sao Paulo, Brasil.

Setiap gambar foto di kedua salinan paspor tersebut memiliki kemiripan dengan wajah kedua anggota keluarga penguasa Korea Utara itu.

Baca juga : Kim Jong Un Dikabarkan Mulai Kehabisan Uang

Paspor berlaku selama 10 tahun dengan tanggal pernerbitan pada 26 Februari 1996.

Belum ada kejelasan mengenai paspor itu pernah digunakan atau tidak. Namun, kementerian luar negeri Brasil sedang menyelidiki hal ini.

Keluarga penguasa Korea Utara telah lama dikabarkan menggunakan dokumen perjalanan palsu untuk bepergian ke luar negeri.'

Kim Jong Nam, putra sulung Kim Jong Il yang dibunuh pada Februari 2017, pernah ditangkap pada Mei 2011 di bandara, di Tokyo, karena menggunakan paspor palsu. Saat itu, dia berencana untuk mengunjungi Disneyland di Tokyo.

Kim Jong Un yang pernah menempuh pendidikan di Bern, Swis, juga dilaporkan melakukan perjalanan ke Jepang pada 1991 dengan paspor Brasil palsu. Namanya tertulis sebagai Joseph Pak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com