Kompas.com - 14/02/2018, 15:03 WIB

DHAMAR, KOMPAS.com - Seorang anggota milisi Houthi yang membelot dan melarikan diri berfoto di samping makam yang memajang foto dirinya. Tindakan tersebut sebagai bentuk menentang kelompok milisi itu.

Mohammed Hussein Saleh adalah mantan anggota milisi Houthi yang kemudian memutuskan untuk keluar dan melarikan diri dari medan pertempuran.

Milisi Houthi lantas mengumumkan kematiannya dan menguburkan peti dengan foto dirinya di sebuah pemakaman di provinsi Dhamar, dekat dengan pusat Yaman.

Dilansir dari Al Arabiya, sebuah sumber di Yaman mengatakan, para pejuang Houthi yang diumumkan telah tewas banyak yang ternyata meninggalkan medan perang di Taiz dan membelot.

Baca juga: Pasukan Pemerintah Yaman Klaim Bakal Menang Lawan Houthi

Kelompok bersenjata Houthi banyak mengalami kerugian setelah puluhan anggotanya melarikan diri. Anggota yang berhasil melarikan diri dari medan pertempuran dan gagal ditangkap atau ditahan itu kemudian dianggap telah tewas.

Houthi kemudian akan mengumumkan kematian anggotanya itu dan mengatur proses pemakaman di kampung halamannya.

Pihak keluarga selalu tidak diizinkan untuk mengidentifikasi jenazah maupun membuka peti sebelum dikuburkan tanpa menjelaskan alasannya. Mereka kemudian meminta keluarga itu untuk mendoakan dan langsung menguburkan peti tersebut.

Namun Hussein Saleh kemudian muncul dan bahkan berfoto di samping makamnya. Tindakan tersebut kerap ditunjukkan sebagai bentuk menentang miliki Houthi.

Tindakan yang dilakukan Hussein bukan kali pertama terjadi, di mana anggota yang telah diumumkan telah tewas mendadak muncul setelah melarikan diri dari pertempuran.

Baca juga: Yaman Tangkap Tentara Anak-anak Houthi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.