Kompas.com - 30/11/2017, 10:04 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


MUMBAI, KOMPAS.com - Seorang penjaga keamanan di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji (CSIA), Mumbai, India, menemukan sebuah catatan yang berisi ancaman serangan teror yang diduga berasal dari kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Catatan itu ditemukan di kamar kecil, lantai dasar gedung kargo, dekat Terminal 2 CSIA, pada Rabu (29/11/2017), pukul 17.00 waktu setempat, berisi peringatan serangan di bandara tersebut pada 26 Januari 2018.

Dilansir dari The Indian Express, Kamis (30/11/2017), pejabat dari Satuan Keamanan Pusat Industri (CISF), Hemandra Sigh, mengatakan pihak berwenang telah dikerahkan untuk mengawal area kargo, termasuk bantuan dari tim pendeteksi bom dan kepolisian Mumbai.

"Pemeriksaan berlanjut sampai Rabu malam, dan tidak ada temuan yang mencurigakan," katanya.

Baca juga : Layani 969 Pesawat dalam 24 Jam, Bandara Mumbai Pecahkan Rekor

Situasi ini mengingatkan pada pesan ancaman serupa yang ditemukan di dinding toilet bandara CSIA, pada Januari 2015. Sejak itu, bandara di Mumbai memiliki tingkat keamanan yang tinggi menyusul beberapa peringatan teror.

Sebelumnya, Bandara internasional Chhatrapati Shivaji baru saja memecahkan rekor dunia untuk jumlah pesawat yang mendarat dan lepas landas dalam 24 jam.

Dalam periode yang dimulai pukul 05.30 pagi pada Jumat (24/11/2017) hingga 24 jam berikutnya, sebanyak 969 pesawat terbang mendarat dan lepas landas di bandara tersebut.

Baca juga : Gedung 4 Lantai di Mumbai Roboh, 12 Orang Tewas

Bandara tersebut sebenarnya memiliki dua landasan pacu, tetapi karena posisinya yang bersilangan maka setiap kali melayani pendaratan atau lepas landas, bandara ini hanya bisa menggunakan satu landasan pacu saja.

Jadi sebuah prestasi luar biasa bagi bandara Chhatrapaji karena hanya dengan satu landasan pacu bisa melayani jadwal penerbangan yang sedemikian padat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.