Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Pecahkan Rekor, Bandara Mumbai Dapat Ancaman Teror

Kompas.com - 30/11/2017, 10:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


MUMBAI, KOMPAS.com - Seorang penjaga keamanan di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji (CSIA), Mumbai, India, menemukan sebuah catatan yang berisi ancaman serangan teror yang diduga berasal dari kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Catatan itu ditemukan di kamar kecil, lantai dasar gedung kargo, dekat Terminal 2 CSIA, pada Rabu (29/11/2017), pukul 17.00 waktu setempat, berisi peringatan serangan di bandara tersebut pada 26 Januari 2018.

Dilansir dari The Indian Express, Kamis (30/11/2017), pejabat dari Satuan Keamanan Pusat Industri (CISF), Hemandra Sigh, mengatakan pihak berwenang telah dikerahkan untuk mengawal area kargo, termasuk bantuan dari tim pendeteksi bom dan kepolisian Mumbai.

"Pemeriksaan berlanjut sampai Rabu malam, dan tidak ada temuan yang mencurigakan," katanya.

Baca juga : Layani 969 Pesawat dalam 24 Jam, Bandara Mumbai Pecahkan Rekor

Situasi ini mengingatkan pada pesan ancaman serupa yang ditemukan di dinding toilet bandara CSIA, pada Januari 2015. Sejak itu, bandara di Mumbai memiliki tingkat keamanan yang tinggi menyusul beberapa peringatan teror.

Sebelumnya, Bandara internasional Chhatrapati Shivaji baru saja memecahkan rekor dunia untuk jumlah pesawat yang mendarat dan lepas landas dalam 24 jam.

Dalam periode yang dimulai pukul 05.30 pagi pada Jumat (24/11/2017) hingga 24 jam berikutnya, sebanyak 969 pesawat terbang mendarat dan lepas landas di bandara tersebut.

Baca juga : Gedung 4 Lantai di Mumbai Roboh, 12 Orang Tewas

Bandara tersebut sebenarnya memiliki dua landasan pacu, tetapi karena posisinya yang bersilangan maka setiap kali melayani pendaratan atau lepas landas, bandara ini hanya bisa menggunakan satu landasan pacu saja.

Jadi sebuah prestasi luar biasa bagi bandara Chhatrapaji karena hanya dengan satu landasan pacu bisa melayani jadwal penerbangan yang sedemikian padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com