Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layani 969 Pesawat dalam 24 Jam, Bandara Mumbai Pecahkan Rekor

Kompas.com - 29/11/2017, 07:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

MUMBAI, KOMPAS.com - Bandara internasional Chhatrapati Shivaji di Mumbai, India, baru saja memecahkan rekor dunia untuk jumlah pesawat yang mendarat dan lepas landas dalam 24 jam.

Dalam periode yang dimulai pukul 05.30 pagi pada Jumat (24/11/2017) hingga 24 jam berikutnya, sebanyak 969 pesawat terbang mendarat dan lepas landas di bandara tersebut.

Bandara tersebut sebenarnya memiliki dua landasan pacu, tetapi karena posisinya yang bersilangan maka setiap kali melayani pendaratan atau lepas landas, bandara ini hanya bisa menggunakan satu landasan pacu saja.

Jadi sebuah prestasi luar biasa bagi bandara Chhatrapaji karena hanya dengan satu landasan pacu bisa melayani jadwal penerbangan yang sedemikian padat.

Baca juga : Landasan Pacu Berlubang, Bandara Internasional Abuja Ditutup

Setiap hari, bandara ini memang melayani lebih dari 900 pesawat terbang, tetapi jumlah ini bertambah di hari Jumat karena pesawat pribadi dan sewaan juga menggunakan bandara tersebut.

"Kami harap bisa melampaui 1.000 pesawat sehari dalam waktu tak lama lagi," kaa juru bicara bandara kepada harian The Times of India.

Landasan pacu bandara sepanjang 3.660 meter ini memiliki kapasitas resmi melayani 46 pendaratan dan lepas landas setiap jam.

Namun, pada Jumat lalu, tercatat dua kali landasan itu melayani 50 pesawat dalam satu jam yaitu sekali di pagi hari dan malam hari.

Dengan begitu banyaknya pesawat yang datang dan pergi, sehingga membuat jeda tiap pesawat amat dekat yaitu haya 65 detik saja.

Minimny lahan berarti hampir tak pasti bandara ini akan memiliki dua landasan pacu paralel sehingga mau tidak mau pengelola harus memaksimalkan satu-satunya landasan yang ada.

Meski memecahkan rekor, bandara Chhatrapati Shivaji bukanlah yang tersibuk di India.

Bandara tersibuk India adalah bandara internasioonal Indira Gandhi di New Delhi yang tahun lalu melayani 27,7 juta penumpang, sementara bandara Mumbai hanya 22,4 juta penumpang.

Berkat tiket perjalanan udara yang semakin murah dan meningkatnya pendapatan kelas menengah membuat India menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna angkutan udara paling signifikan.

Asosiasi penerbangan sipil internasional (IATA) pada Oktober lalu mengatakan, jumlah pesawat udara di India akan mencapai 7,8 miliar orang pada 2036.

Tahun lalu, berbagai maskapai penerbangan India mengangkut sekitar 100 juta penumpang domestik. Angka ini pada 2036 akan menjadi 337 juta orang.

Baca juga : Bandara Internasional Dubai, Airport Tersibuk di Dunia Tahun 2016

Lalu bandara manakah yang tersibuk di dunia? Jawabannya adalah bandara internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, Georgia AS.

Bandara ini memiliki enam landasan pacu dan pada 2015 melayani 882.497 pendaratan dan lepas landas.

Data lain menunjukkan delapan dari 10 bandara tersibuk di dunia berada di Amerika Serikat. Dua perkecualian adalah bandara internasional Tokyo (5) dan bandara Charles de Gaulle (10).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com