Kompas.com - 14/11/2017, 09:40 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat mengklaim telah membunuh 40 orang militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam operasi militer sepanjang pekan lalu, di Somalia.

Dilansir dari AFP, Senin (13/11/2017), militer AS telah melancarkan lima serangan sejak Kamis lalu ke militan di kawasan Tanduk Afrika. Setidaknya, 36 orang anggota Al Qaeda yang masih terkait dengan kelombok Shabaab tewas dalam serangan itu.

Kolonel Rob Manning mengatakan, serangan yang dilakukan bersama tentara komando AS-Afrika itu, menyusul dua aksi teror yang menghancurkan ibu kota Somalia, Mogadishu, bulan lalu.

Setidaknya, 385 orang tewas dalam serangan bom yang berasal dari kelompok ISIS.

Baca juga : AS Tembakkan Rudal ke Markas ISIS di Somalia

"Koordinasi dengan pemerintah federal Somalia, militer AS telah melancarkan lima serangan di Somalia melawan Al-Shabaab dan ISIS sejak 9 sampai 12 November," kata Manning.

"Sebanyak 40 teroris tewas dalam pertempuran itu," tambahnya.

Lonjakan operasi militer AS itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump meminta militer untuk mengambil tindakan langsung terhadap terduga teroris.

Militer AS tak perlu meminta persetujuan dari Gedung Putih yang lebih spesifik untuk menghabisi teroris.

Sebelumnya, pada 3 November 2017, sepasang pesawat tanpa awak milik AS telah menyerang kelompok militan di Somalia. Hal itu menandai pertama kalinya militer AS melakukan operasi di Somalia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.