Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat Zimbabwe Hidup Miskin, Putra Mugabe Pamer Kekayaan di Medsos

Kompas.com - 12/11/2017, 14:23 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

HARARE, KOMPAS.com - Perekonomian negara yang buruk ternyata tak membuat putra bungsu Presiden Zimbabwe Robert Mugabe berhenti berfoya-foya.

Sebuah rekaman video memperlihatkan aksi buang-buang uang yang dilakukan putra bungsu sang presiden Chatunga Bellarmine Mugabe dan kakaknya Robert Mugabe Jr.

Video itu diawali dengan memperlihatkan Robert Jr (25) yang muncul sambil merangkul seorang gadis dalam pesta di sebuah klub di Sandton, Afrika Selata, tempat kedua kakak beradik itu tinggal.

Lalu kamera beralih ke sang adik Chatunga (21) yang sedang bersama seorang temannya. Dia terekam sedang memegang satu botol sampanye Armand de Brignac Ace of Spades berharga 200 pounsterling atau sekitar Rp 3.5 juta.

Baca juga : Zimbabwe Ubah Nama Bandaranya Menjadi Mugabe 

Chatunga kemudian menyiramkan minuman mahal itu ke jam tangannya yang tak kalah mewah dan diyakini berharga 45.000 poundsterling atau Rp 803 juta.

Kedua putra Mugabe ini terang-terangan mempertontonkan kekayaan mereka di saat 75 persen dari 17 juta penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan.

Chatunga bahkan lewat media sosial mengatakan, dia bisa membeli jam tangan yang dihiasi berlian itu karena sang ayah "mengelola negara".

"Jam 45.000 poundsterling di tangan jika ayahmu mengendalikan seluruh negara," ujar Chatunga lewat akun media sosialnya.

Anak-anak Mugabe ini sebelumnya juga menjadi sorotan pada Agustus lalu ketika ibu mereka Grace Mugabe dituduh menyerang seorang perempuan yang ditemukan tengah bersama kedua pemuda itu di sebuah hotel di Johannesburg.

Gabriella Engels (20), nama gadis itu, mengklaim para pengawal Grace Mugabe hanya berdiri diam saat ibu negara Zimbabwe itu memukuli gadis malang tersebut.

Namun, Grace yang 41 tahun lebih muda dari suaminya itu, tak berurusan dengan hukum karena memiliki kekebalan diplomatik.

Baca juga : Wakil Mugabe Lari ke Afrika Selatan karena Diancam akan Dibunuh 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com