Kompas.com - 17/10/2017, 19:38 WIB
|
EditorErvan Hardoko

MADRID, KOMPAS.com - Dunia kedirgantaraan Spanyol dirundung dika setelah pesawat tempur jenis F-18 Hornet terjatuh di dekat Pangkalan AU Torrejon de Ardoz, 20 kilometer dari ibu kota Madrid.

Kecelakaan itu menewaskan sang pilot, Letnan Udara Fernando Perez Serrano yang berusia 26 tahun.

Serrano dilahirkan di Murcia dan bergabung dengan AU Kerajaan Spanyol pada 2009. Hingga akhir hayatnya, Serrano sudah mengantongi 700 jam terbang.

Sumber di militer Spanyol, seperti dilaporkan media lokal ABC Espana, menyebut kegagalan mesin diduga menjadi penyebab jatuhnya F-18.

"Pesawat itu tidak memiliki cukup daya guna melakukan manuver saat lepas landas sehingga terjatuh," kata sumber militer tersebut.

Baca: Produsen Pesawat Tempur Asal Inggris Pangkas 2.000 Pegawai

Pernyataan itu didukung dengan ucapan seorang saksi mata kepada media lokal Spanyol lainnya, El Pais.

Saksi itu bercerita, pesawat itu sempat naik sebentar, sebelum kemudian menukik jatuh hingga 50 meter. Nahas bagi Serrano karena dia tidak berhasil membuka parasutnya.

Menteri Pertahanan Spanyol, Maria Dolores de Cospedal, seperti dikutip dari ABC Espana, mengatakan, pemerintah tengah mengumpulkan bukti penyebab jatuhnya pesawat yang berharga 29 juta dolar AS (sekitar Rp 391 miliar) per unit tersebut.

Bukti-bukti, kata De Cospedal, dikumpulkan oleh Komisi Teknis Investigasi Kecelakaan Pesawat Militer (CITAAM).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.