Kompas.com - 29/08/2017, 18:04 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Sepuluh nama tempat di utara negara bagian Queensland, Australia yang menggunakan kata 'niggers" akan diganti dengan nama baru, karena berkonotasi rasial.

Kata "niggers" berasal dari kata negro dalam bahasa Spanyol, yang artinya adalah hitam.

Di masa lalu, kata tersebut digunakan untuk merendahkan mereka yang berkulit gelap di berbagai tempat, termasuk di Australia terhadap warga Aborigin.

Bulan Mei lalu, Departemen Sumber Daya Alam dan Pertambangan Queensland tidak lagi menggunakan nama Negros Bounce, dari pusat data yang mereka miliki.

Sekarang semua nama yang menggunakan kata negro yang kebanyakan terletak di utara Queensland akan diganti.

Jurubicara Departemen Sumber Daya Alam dan Pertambangan mengatakan, keputusan ini akan resmi dikeluarkan dalam keputusan pemerintah yang akan diterbitkan akhir September.

"Departemen sudah memulai kajian proaktif mengenai nama-nama yang berkonotasi buruk, dan menemukan adanya sembilan nama lain," kata Jurubicara tersebut.

Seruan dari masyarakat sudah muncul mengenai penghapusan nama-nama tersebut menyusul debat yang muncul mengenai adanya monumen yang didirikan untuk mengenang tokoh pro perbudakan di Townsville, Australia.

Debat serupa pun muncul di Charlotttesville di Amerika Serikat.

Sekitar 10 tahun lalu, seorang aktivis Stephen Hagan memperjuangkan papan nama E.S. N***** Brown sebagai nama stadion, diturunkan dari sebuah lapangan di Toowoomba.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.