Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Bangun Taman Senilai Rp 678 Miliar untuk Putrinya yang Difabel

Kompas.com - 11/08/2017, 21:31 WIB

KOMPAS.com - SEORANG ayah dari Texas, Amerika Serikat, memutuskan untuk membangun taman hiburan senilai Rp 678 miliar, lantaran tidak ada taman bermain khusus untuk putrinya yang difabel.

Gordon Hartman baru saja keluar dari kolam renang dalam sebuah liburan keluarga, saat putrinya yang berusia 12 tahun, Morgan, mencebur ke kolam renang.

Ia mencoba untuk bermain dengan anak-anak yang lain, namun anak-anak itu langsung meninggalkan kolam renang.

Hartman mengira mereka menghindar dari putrinya karena mereka tidak tahu bagaimana harus berinteraksi dengan seorang penyandang disabilitas.

Morgan memiliki pemahaman kognitif seperti seorang anak berusia lima tahun dan menyandang autisme. Peristiwa itu terus membayangi pikiran Hartman.

"Morgan adalah gadis yang luar biasa. Saat Anda bertemu dengannya, ia akan selalu tersenyum kepada Anda dan ia selalu ingin memeluk. Tapi ada kalanya kita tidak dapat melakukannya," katanya.

Hartman dan istrinya, Maggie, bertanya kepada para orangtua lainnya ke mana mereka bisa membawa putri mereka sehingga dia dan orang lain akan merasa nyaman berinteraksi.

"Kami menyadari tempat khusus semacam itu tidak ada," ujar Hartman.

Jadi pada tahun 2007 Hartman memutuskan untuk membangun taman bermain sendiri.

Morgan dan orang tuanya menikmati wahana permainan roda Ferris di taman hiburan Morgans Wonderland.BBC Morgan dan orang tuanya menikmati wahana permainan roda Ferris di taman hiburan Morgans Wonderland.
Sebagai seorang mantan pengusaha, ia menjual bisnis propertinya pada 2005 untuk mendirikan The Gordon Hartman Family Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berusaha membantu para penyandang cacat.

Kemudian ia membangun "taman bermain pertama di dunia yang bisa dinikmati oleh siapapun".

"Kami menginginkan sebuah taman bermain di mana setiap orang dengan atau tanpa kebutuhan khusus dapat bermain dan melakukan apa saja," kata Hartman.

Ia melibatkan para dokter, terapis, orang tua dan orang-orang lainnya dengan atau tanpa kebutuhan khusus untuk berkonsultasi mengenai fasilitas tersebut.

Taman bermain itu dibangun di atas lahan bekas penambangan seluas 25 ha di San Antonio, Texas.

Taman yang disebut Morgan's Wonderland ini menghabiskan biaya sebesar $34 juta atau Rp452 miliar dan dibuka pada tahun 2010.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com