Kompas.com - 08/07/2017, 18:03 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MARAWAI, KOMPAS.com – Pasukan Filipina terus melawan milisi Maute, sayap kelompok teror Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), di Marawi. Mereka menyerang dari udara untuk menghadapi para penembak jitu ISIS yang bertebaran di gedung-gedung bertingkat.

Juru bicara militer Filipina, Letnan Kolonel Jo-ar Herrera, Sabtu (8/7/2017), mengatakan, masalah yang dihadapi di darat itu menjadi alasan bagi Manila menggunakan serangan udara, sekalipun risiko kerusakan yang ditimbulkan di Marawi sangat besar.

"Jika kami tidak menggunakan serangan udara, kami akan menghadapi lebih banyak korban dari kalangan pasukan kami," katanya kepada wartawan di Marawi, kota yang dikuasai ratusan militan sejak 23 Mei 2017, demikian kantor berita Perancis, AFP, melaporkan.

Sekalipun sudah lebih dari sebulan Manila mengerahkan ratusan tentara bertempur, militan yang mengibarkan bendera hitam ISIS tersebut masih kuat bercokol di berbagai sudut kota.

Baca: Terungkap, Mengapa Milisi Maute di Marawi Sulit Ditaklukkan

Militer telah menggunakan jet, pesawat, dan helikopter tempur, dipersenjatai dengan bom dan roket, untuk menyerang daerah di mana kelompok militan tersebut bersembunyi.

"Kami telah mengidentifikasi posisi pertahanan utama, kemudian melakukan serangan udara, namun mereka masih menempati bangunan bertingkat tinggi,” kata Herrera.

"Salah satu alasan kami menggunakan aset-aset udara, adalah inilah cara yang kami butuhkan untuk melumpuhkan posisi para penembak jitu," juru bicara militer regional itu.

"Mereka menempati bangunan bertingkat tinggi sehingga kami harus lebih tinggi dari mereka, jadi kami menggunakan serangan udara."

Ada ratusan militan melakukan serangan membabi-buta pada masa awal pengepungan di sebagian kota Marawi, 23 Mei.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.