Kompas.com - 01/06/2017, 13:51 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSUL, KOMPAS.com - Sebuah bentuk toleransi antaragama terjadi di kota Mosul, Irak yang hancur lebur akibat perang.

Kota terbesar kedua di Irak itu hancur setelah pertempuran panjang antara pasukan pemerintah dan milisi ISIS.

Alhasil banyak bangunan hancur atau rusak berat termasuk biara Katolik Santo George di kawasan Al-Arabi, Mosul.

Uniknya, para pemuda di lingkungan permukiman Al-Arabi yang diduduki ISIS hingga awal tahun ini bahu membahu secara sukarela memperbaiki biara yang dirusak ISIS tersebut.

Menurut keterangan yang diunggah dalam akun Facebook "This is Christian Iraq" upaya para pemuda Muslim ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Mosul adalah milik bersama dan perbedaan di antara warga justru menjadi kekuatan.

Baca: Irak Bebaskan Anak Perempuan Yazidi Korban Penculikan ISIS di Mosul

Foto-foto yang diunggah ke akun Facebook itu memperlihatkan sejumlah perempuan Muslim berjilbab bekerja menyingkirkan puing dan debu dari dalam biara itu.

Dalam foto lain memperlihatkan dua orang pria berdiri di atap biara dan memperbaiki salib yang dulu dirubuhkan ISIS.

Sejak Perang Irak pada 2013 yang menggulingkan Saddam Hussein dari tampuk kekuasaan, jumlah warga Kristen Irak terus menyusut dari 1,4 juta orang hingga hanya 250.000 orang saat ini.

Selama masa pendudukan ISIS, anggota kelompok militan itu menghancurkan kubah biara dan membuang salib yang ada di dalamnya.

Sejak ISIS terusir dari kota itu, untuk pertama kali sejak 2014, umat Kristen Mosul bisa merayakan hari Paskah di biara tersebut.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.