Kompas.com - 16/05/2017, 13:48 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

AMMAN, KOMPAS.com - Dua bom mobil meledak dan membunuh setidaknya enam orang dan melukai beberapa lainnya di kamp pengungsi Rukban, dekat perbatasan Yordania, Senin malam (15/5/2017).

Seorang pejabat pemberontak dan seorang penduduk mengungkapkan kesaksiannya, atas serangan yang diklaim dilakukan oleh anggota kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). 

Disebutkan, ledakan pertama terjadi di dekat sebuah restoran, dan yang kedua menargetkan sebuah pasar tak jauh dari lokasi ledakan pertama.

"Setidaknya ada enam warga sipil yang tewas dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat," kata Mohammad Adnan, seperti dikutip Associated Press, Selasa (16/5/2017).

Adnan adalah seorang pejabat pemberontak dari Jaish Ahrar al-Ashair yang mengelola kamp kepolisian pengungsi Rukban.

Sementara itu, teroris ISIS mengatakan dalam sebuah pernyataan di kantor berita Amaq, para angotanya yang melakukan serangan di kamp Rukban itu.

Keterangan itu diberikan lembaga pemantau SITE yang berkedudukan di Amerika Serikat, tanpa merinci lebih jauh informasi itu. 

Pada bulan Januari, sebuah bom mobil menewaskan sejumlah orang di kamp tersebut.

Sejak saat itu pula, teroris ISIS gencar melancarkan serangan terhadap kelompok pemberontak Suriah di daerah itu. 

Rukban yang berada di dekat perbatasan Suriah-Irak-Yordania selama ini dikenal sebagai "rumah" bagi para pengungsi, dan juga kelompok pemberontak, termasuk Jaish Ahrar al-Ashair.

Jaish Ahrar al-Ashair adalah kelompok yang yang melawan Presiden Bashar al-Assad dan gerakan ISIS.

Baca: AS: Demi Lenyapkan Jasad Napi, Suriah Bangun Krematorium di Penjara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.