Kompas.com - 10/05/2017, 11:41 WIB
EditorErvan Hardoko

MANAGUA, KOMPAS.com - Seorang pendeta dan beberapa orang lainnya, Selasa (9/5/2017), dijatuhi hukuman penjara  ritual pengusiran setan yang dilakukannya berujung kematian seorang perempuan.

Pendeta Juan Rocha (23) dan empat orang lainnya dianggap melakukan pembunuhan terhadap Vilma Trujillo (25).

Alhasil, Rocha dan keempat orang itu akhirnya dijatuhi hukuman 30 tahun penjara, sebuah vonis maksimal dalam sistem hukum Nikaragua.

Di pengadilan, kelima orang itu mengatakan mereka yakin Vilma tengah kerasukan setan dan membantah telah membunuh perempuan itu.

Sejumlah saksi mata mengatakan, pada 15-21 Februari lalu, Vilma diikat dan disekap tanpa diberi makan di dalam gereja yang dikelola Rocha di desa El Cortezal, barat laut Nikaragua.

Baca: Perempuan Ini Tewas Dibakar dalam Ritual Pengusiran Setan

Kemudian Rocha dan beberapa orang lainnya melemparkan Vilma yang dalam kondisi bugil ke dalam tumpukan kayu yang dibakar.

Beberapa jam kemudian keluarga Vilma datang untuk menyelamatkan perempuan itu. Dia sempat dirawat di sebuah rumah sakit di ibu kota Managua, tetapi nyawanya tak bisa diselamatkan.

"Penderitaan yang dialami Vilma Trujillo seharusnya tak dialami manusia di manapun," ujar hakim Alfredo Silva saat membacakan putusan.

Hakim Alfredo menambahkan, pembunuhan itu sudah direncanakan dan merupakan pelanggaran terhadap kepercayaan yang diberikan Vilma kepada para terdakwa.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.