Polisi Rusia Tangkap Pelatih Pengebom Bunuh Diri St Petersburg - Kompas.com

Polisi Rusia Tangkap Pelatih Pengebom Bunuh Diri St Petersburg

Kompas.com - 18/04/2017, 14:29 WIB
AFP PHOTO / STR Kondisi kereta yang rusak usai terjadi ledakan di stasiun bawah tanah di Kota St Petersburg, Rusia, Senin (3/4/2017) waktu setempat. Ledakan itu menyebabkan sedikitnya 11 nyawa melayang dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

MOSKWA, KOMPAS.com - Kepolisian Rusia menangkap seorang pria yang diduga menjadi perencana bom bunuh diri di stasiun kereta api bawah tanah kota  St Petersburg, di dekat Moskwa.

Abror Azimov, nama pria kelahiran 1990 itu berasal dari kawasan Asia Tengah. Dia ditangkap di distrik Odintsovo di sebelah barat Moskwa.

Azimov diyakini melatih Akbardzhon Jalilov (22), warga Rusia berdarah Kirgistan, yang tewas meledakkan diri. Saat ditangkap polisi, pria ini kedapatan membawa sepucuk pistol.

Baca: 8 Orang Ditangkap, Siapa Pelaku Ledakan Bom di St Petersburg?

Pria itu kini ditahan di fasilitas milik komite investigasi Rusia untuk menjalani pemeriksaan perannya dalam serangan maut itu.

Dia adalah orang kesembilan yang ditahan terkait serangan bom pada 3 April lalu  yang menewaskan 14 orang dan melukai 50 orang lainnya.

Negeri-negeri Asia Tengah bekas Uni Soviet dianggap sebagai lahan subur tumbuhnya ekstremisme Islam.

Ribuan orang warga negara-negara Asia Tengah itu diyakini masih atau pernah bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Delapan orang lainnya, enam di St Petersburg dan dua di Moskwa, yang ditahan terkait dengan serangan tersebut juga berasal dari Asia Tengah.

Baca:  Ledakan di St Petersburg Disebut Aksi Bom Bunuh Diri Warga Kyrgyzstan


EditorErvan Hardoko
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X