Kompas.com - 21/03/2017, 18:28 WIB
EditorErvan Hardoko

BRUSSELS, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson dipastikan absen di dalam pertemuan para menlu NATO di Brussels, Belgia pada April mendatang.

Namun, Tillerson akan melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan Italia dalam waktu yang sama. Demikian disampaikan seorang pejabat AS, Selasa (21/3/2017).

Posisi Tillerson dalam pertemuan NATO akan diwakili pejabat lainnya. Perkembangan ini memicu kekhawatiran baru terkait komitmen Presiden Donald Trump soal aliansi dengan NATO.

"Tom Shannon (wakil menteri luar negeri) akan mewakili AS dalam pertemuan para menlu NATO," kata seorang pejabat AS yang tak mau disebutkan namanya.

Pejabat itu mengatakan, Tillerson dijadwalkan bertemu hampir semua menteri luar negeri dari 28 negara anggota NATO di Washington DC pekan ini.

"Dia sudah bertemu para pejabat Ukraina. Setelah melakukan konsultasi dan pertemuan ini, pada April dia akan menghadiri pertemuan G7 di Italia dan melanjutkan perjalanan ke Rusia," tambah pejabat tersebut.

Di masa pemerintahan Barack Obama, NATO berusaha meningkatkan dukungan untuk pemerintah pro-Barat di Ukraina setelah aneksasi Crimea dan pemberontakan di wilayah timur negeri itu.

Namun, di masa kampanye, Donald Trump menunjukkan rasa kagumnya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan mengatakan dia akan berusaha memperbaiki hubungan dengan Rusia.

Sementara pada Januari lalu, Trump menyebut NATO sebagai sebuah pakta pertahanan yang sudah usang.

Saat berkunjung ke markas besar NATO di Brussels bulan lalu, Wapres Mike Pence berusaha meyakinkan para sekutu AS itu tentang komitmen pemerintahannya terhadap NATO.

Halaman:
Sumber AFP



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.