Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilantik Jadi Menlu AS, Inilah Janji Rex Tillerson

Kompas.com - 03/02/2017, 05:19 WIB

WASHINGTON.DC, KOMPAS.com - Rex Tillerson dilantik sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, beberapa jam setelah pengukuhannya oleh Senat AS, di Gedung Putih, Washington DC, Rabu malam atau Kamis WIB.

Dalam pelantikan tersebut, Tillerson berterima kasih kepada Presiden AS Donald Trump karena telah memberinya kesempatan, yang dia sebut "luar biasa besar".

Tillerson pun lalu berjanji akan selalu bertindak sesuai kepentingan rakyat AS.

Trump menyelamati Tillerson dengan mengatakan, Menlu baru ini dihormati di seluruh dunia, dan akan membawa kemampuan dan pengetahuannya ke dalam diplomasi global.

Sebelumnya, Senat mengukuhkan Tillerson dengan suara 56-43 setelah para senator dari kedua partai menghabiskan berminggu-minggu membahas hubungan dekat CEO ExxonMobil itu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pertanyaan tentang kemampuannya untuk mengesampingkan kepentingan bisnis dan mengabdi sebagai diplomat tertinggi AS pun menjadi pertimbangan besar.

“Tillerson telah melakukan pekerjaan luar biasa sebagai salah satu bisnis terbesar di dunia,” kata Senator John Cornyn, senator Partai Republik dari Texas.

“Sekarang pengalamannya yang luar biasa, dan bakatnya akan digunakan untuk bekerja bagi rakyat AS."

Meski demikian, Senator Partai Demokrat Ben Cardin dari Maryland mengatakan, “Saya masih prihatin dengan orientasi bisnis yang ditunjukkan Tillerson, dan berpotensi menghalanginya menjadi menlu."

Menurut Cardin, seorang Menlu harus mengutamakan nilai-nilai dan idealisme yang menentukan negara kita.

Baca: Melawan Gedung Putih, 900-an Diplomat AS Tanda Tangani Memo Kritik Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com