Kompas.com - 04/03/2017, 23:13 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia kemungkinan akan mendeportasi Duta Besar Korea Utara, Kang Chol, jika dalam waktu 48 jam yang diberikan tidak segera meninggalkan Malaysia untuk kembali ke negaranya.

Pengusiran terhadap Kang Chol telah disampaikan kepada Kedutaan Besar Korut di Kuala Lumpur setelah dia menuduh Malaysia berkomplot dengan negara luar dalam kematian Kim Jong Nam, saudara tiri pemimpin Korut Kim Jong Un.

Berdasarkan instruksi Menteri Luar Negeri Malaysia Dato' Sri Anifah Haji Aman, Duta Besar Korut Kang Chol dipanggil ke Kementerian Luar Negeri.

“Dia diminta bertemu dengan Raja Nushirwan bin Zainal Abidin, Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Bilateral Kementerian Luar Negeri hari ini pukul 06.00," ujar Anifah dalam pernyataan ke media, Sabtu (4/3/2017) malam.

Namun, kata Anifah, baik duta besar atau pejabat senior dari Kedubes Korut dalam posisi tidak hadir di Kementerian Luar Negeri.

"Untuk alasan ini, Kementerian Luar Negeri mengirim nota diplomatik yang dikirim ke kedutaan malam ini, menginformasikan pemerintah DPRK yang Mulia Kang Chol bahwa Pemerintah Malaysia telah menyatakan dia 'persona non grata'," katanya.

Dia diminta meninggalkan Malaysia dalam waktu 48 jam dari waktu yang dijadwalkan dari pertemuan, yaitu 06.00 waktu setempat pada 4 Maret 2017.

Menurut Anifah, Selasa, 28 Februari 2017 pukul 05.00 pejabat dari Kemenlu Malaysia yang dipimpin Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Bilateral bertemu dengan Tingkat Delegasi Tinggi dari Korut dipimpin oleh Kim Song.

"Dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Malaysia menuntut permintaan maaf tertulis dari Korut untuk tuduhan yang dilakukan terhadap Malaysia oleh Dubes Korut," katanya.

Delegasi Korut, ujar dia, diberitahu bahwa jika tidak ada respon yang diterima pada hari itu Pemerintah Malaysia akan mengambil langkah-langkah yang terbaik akan melindungi kepentingannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.