Kompas.com - 23/01/2017, 06:45 WIB
EditorPascal S Bin Saju

GUADALAJARA, KOMPAS.com – Tujuh mayat korban mutilasi dengan kepala terpenggal telah ditemukan di dekat daerah resor wisata pantai Manzanillo di Merksiko barat.

Korban kekerasan terbaru menambah panjang rasa tidak aman bagi warga, termasuk turis asing, yang datang ke negara yang belakangan ini sedang dilanda wabah kekerasan antargeng narkoba.

Kepolisian Meksiko, Minggu (22/1/2017) menyebutkan, ketujuh korban terbaru jelas amat berkaitan dengan wabah kekerasan narkoba yang telah terjadi sebelumnya.

"Mereka dimutilasi, dengan kepala dipenggal, dan salah satu korban adalah seorang wanita," kata kepala polisi kota pelabuhan Manzanillo, Carlos Heredia, kepada Agence France-Presse.

Heredia mengatakan, pesan yang ditinggalkan di sebuah kendaraan, yang ditemukan pada Sabtu (21/1/2017) pagi di jalan dari Manzanillo ke kota Cihuatlan, ditandatangani oleh kartel narkoba terkuat di kawasan itu, Jalisco New Generation (JNG).

Kartel JNG merupakan geng narkoba paling berpengaruh, pelaku utama atas terjadinya lonjakan kekerasan mematikan di negara bagian Colima, di mana kota Manzanillo berada.

Kantor kejaksaan Colima mengatakan, petugas belum dapat diidentifikasi.

Enam bulan terakhir, demikian catatan kepolisian setempat, telah terjadi lonjakan dalam kasus pembunuhan yang dikaitkan dengan sengketa internal dalam kartel Jalisco.

Kartel ini juga telah melakukan serangan spektakuler melawan pasukan federal.

Pada 16-17 Januari, enam orang ditembak mati di tiga tempat terpisah di Manzanillo. Kepolisian yakin, semua korban itu berkaitan dengan organisasi kejahatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.