Kompas.com - 05/12/2016, 22:21 WIB
EditorPascal S Bin Saju

PARIS, KOMPAS.com — Perdana Menteri Perancis Manuel Valls telah lama dianggap sebagai calon presiden negara itu.

Status Valls sebagai kandidat sosialis untuk tahun 2017 semakin diperkokoh oleh keputusan presiden petahana, Francois Hollande, untuk tidak mencalonkan diri kembali.

Valls, yang berhaluan sosialis, rencananya hendak mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden pada pemilu tahun depan, Senin (5/11/2016).

Kantor Valls mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengatakan, ia akan mengumumkan pencalonan dirinya di balairung kota Evry, yang terletak di sebelah selatan Paris.

Pengumuman diperkirakan muncul setelah Hollande mengatakan, pekan lalu, ia tidak berencana mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua karena kurangnya dukungan untuk bisa menang.

Keputusan Hollande itu sendiri akan menjadikannya presiden pertama yang sedang menjabat dan tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua.

Jika Valls memenangi pemilihan pendahuluan di kubu sosialis, ia akan bersaing menghadapi Francois Fillon, mantan PM Perancis.

Fillon pada usia 62 tahun itu pekan lalu secara meyakinkan meraih nominasi calon presiden dari Partai Republik yang berhaluan kanan tengah.

Pemilu Presiden Perancis akan berlangsung dalam dua putaran pada April dan Mei 2017. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.