Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Pilih Mantan Bankir Goldman Sachs sebagai Menkeu

Kompas.com - 30/11/2016, 11:18 WIB
Ericssen

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com -Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump menunjuk mantan bankir Goldman Sachs Steve Mnuchin sebagai Menteri Keuangan.

Seperti dilansir laman Politico, Selasa malam (29/11/2016) waktu setempat, Mnuchin memang sudah digadang-gadang akan menjadi Menkeu bahkan sebelum Trump secara mengejutkan memenangi pilpres.

Dikenal sebagai tangan kanan Trump, bankir berusia 53 itu merupakan Direktur Keuangan Nasional tim kampanye kepresidenan Trump.

Dia menyisihkan dua nama lain yang sering disebut yaitu Anggota DPR dari Texas Jeb Hensarling dan Chief Executive Officer (CEO) JP Morgan Chase Jamie Dimon.

Goldman Sach, salah satu bank investasi terbesar di dunia akan menyumbang alumnus ketiga mereka menjadi Menkeu setelah Robert Rubin dan Henry Paulson.

Kedua nama ini menjabat sebagai Menkeu di kabinet Presiden Bill Clinton dan George W Bush.

Penunjukan Mnuchin, sosok ternama Wall Street yang juga pengusaha hedge fund dan produser film Hollywood seperti Suicide Squad diyakini akan membuat berang politisi Partai Demokrat beraliran progresif.

Nama-nama seperti mantan capres Senator Bernie Sanders dan Senator Massachusetts Elizabeth Warren merupakan pengkritik keras kerakusan Wall Street.

Mereka menduuh bank-bank besar di Wall Street seperti Goldman merusak tatanan ekonomi AS terutama melukai warga kelas menengah dan kaum pekerja berkerah biru.

Mnuchin menghabiskan dua dekade karirnya di Goldman dengan puncak karir menjabat sebagai Chief Information Officer.

Penunjukkan Mnuchin menambah ironi sejumlah nama di kabinet Trump. Taipan real estat ini sering mengkritik mantan rivalnya Hillary Clinton yang dikenal dekat dan sering memberi kuliah berbayar di Goldman Sachs dan bank lain.

Namun, dia akhirnya memilih bankir dari bank yang sama untuk menjabat sebagai Menkeunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com