Kompas.com - 27/10/2016, 19:46 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Suriah, Rabu (26/10/2016), membantah penggunaan senjata kimia oleh pasukan pemerintah selama pertempuran di negara itu.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan, pernyataan kementerian itu membantah apa yang disebutnya tuduhan yang disampaikan belum lama ini di dalam satu laporan PBB dan Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW).

Tuduhan itu menyebutkan bahwa pasukan Suriah melancarkan serangan gas terhadap pemberontak atau oposisi di Provinsi Idlib,  di bagian barat-laut Suriah pada Maret 2015.

"Pemerintah Suriah, saat membantah semua tuduhan di dalam laporan itu, menekankan komitmennya pada semua janji yang dibuatnya ketika Suriah bergabung dengan kesepakatan Konvensi Senjata Kimia," kata kementerian itu.

Kementerian mengatakan, Pemerintah Suriah telah berulangkali membantah semua tuduhan yang diedarkan oleh beberapa negara Barat dan alat mereka mengenai penggunaan senjata kimia dalam perang melawan oposisi.

Senjata kimia diduga telah digunakan di beberapa daerah di Suriah dalam beberapa tahun belakangan, dan pemerintah dan oposisi atau pemberontak saling melempar tuduhan.

Sebanyak 1.400 orang tewas ketika beberapa daerah yang dikuasai oposisi di pinggiran Damaskus, ibu kota Suriah, diserang oleh roket yang berisi bahan kimia sarin pada 21 Agustus 2013.

Oposisi dan Pemerintah Suriah saling melempar tuduhan, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Pada tahun yang sama, serangan bahan kimia dilancarkan ke kota Al-Asal, yang saat itu dikuasai pemerintah, di pinggiran Aleppo.

Beberapa prajurit Suriah dan warga sipil tewas atau menderita sesak nafas dalam peristiwa tersebut. Pemerintah menuduh oposisi yang, pada gilirannya, membantah tuduhan itu.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.