Kompas.com - 18/10/2016, 08:18 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Seorang hakim federal di Meksiko, yang sedang menangani sejumlah kasus kartel obat bius, dibunuh Senin (17/10/2016) waktu setempat.

Hakim bernama Vicente Antonio Bermudez Zacarias itu dibunuh di Metepec, sebuah negara bagian di Meksiko.

Pernyataan ini diungkapkan pihak pengadilan tinggi Meksiko dalam sebuah keterangan tertulis yang dilansir AFP, Selasa (18/10/2016). 

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto langsung mengeluarkan kecaman atas peristiwa ini. Dia pun memerintahkan kantor Jaksa Agung untuk mengambil alih investigasi. 

Bermudez tewas ditembak di kepala dalam jarak dekat. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum dinyatakan tewas. Demikian dikutip dari Harian Reforma.

Gubernur negara bagian Metepec Eruviel Avila peristiwa penembakan itu sempat terekam di kamera keamanan. 

Bermudez menjadi hakim pengadilan distirk sejak Desember 2013 dan terakhir bertugas di pengadilan banding dan penilaian sipil.

Sejauh ini, pengadilan di tempat dia bekerja tengah menangani kasus terkait kejahatan terorganisasi. Namun, motif dari pembunuhan ini belum terungkap. 

Disebutkan, kasus yang ditangani Bermudez salah satunya melibatkan kartel Los Cuinis dan penyelidikan kasus pajak melawan pengusaha berkuasa Naim Libien Kaui.

Keluarga Kaui juga diduga memiliki kaitan dengan perdagangan obat ilegal di Meksiko. 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.