Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Pipa di New Jersey Kemungkinan Terkait Terorisme

Kompas.com - 18/09/2016, 13:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah bom pipa meledak di wilayah kota pantai New Jersey pada Sabtu waktu setempat, di sepanjang rute aksi sosial lomba lari penggalangan dana untuk veteran militer Amerika Serikat (AS).

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun aksi tersebut diperkirakan merupakan aksi yang terkait terorisme. Demikian keterangan resmi petugas, seperti dikutip dari Reuters.

Sebuah peledak yang diletakkan di tempat sampah meledak 30 menit sebelum jadwal aksi sosial tersebut dimulai. Secara kebetulan, aksi tersebut juga tertunda. Aksi sosial tersebut sedianya dilaksanakan di Seaside Park, sekitar 80 mil dari kota New York.

Ledakan bom pipa tersebut juga tidak mengakibatkan kerusakan infrastruktur di sekitar lokasi yang berarti.

Para pelari dan kerumunan massa dilaporkan tidak ada yang mengalami luka serius. Ledakan diperkirakan terjadi sekitar pukul 9.30 pagi waktu setempat.

Kejadian ini mengingatkan luka mendalam warga AS akan bom di ajang Boston marathon pada 2013 yang menewaskan tiga orang dan melukai 260 warga yang menonton ajang tersebut.

Pihak FBI, biro investigasi federal di AS, menyelidiki insiden ini dan meminta publik untuk memberikan informasi yang berguna bagi penyelidikan.

Kompetisi lari untuk amal ini bertajuk Seaside Semper Five 5K. Segera setelah insiden, ajang sosial ini langsung dihentikan.

Pihak berwenang menutup pantai di wilayah penyelenggaraan acara dan mengevakuasi warga di sekitar lokasi ledakan. Tujuannya, untuk mengamankan wilayah jika kemungkinan ada bom lain di sekitar lokasi.

Brad Cohen, agen spesialis FBI, melaporkan dalam sebuah konferensi pers, bahwa para penyelidik menyimpulkan bahwa bom ini bukan ancaman ke warga. Sementara warga yang sebelumnya dievakuasi dari wilayah sekitar lokasi sudah diperbolehkan pulang.

Laporan dari pihak berwenang menyebutkan, penyelenggaraan lomba tertunda akibat keterlambatan registrasi. Sementara bom meledak sebelum para pelari melewati jalur tersebut.

"Sangat jelas jika bom itu dimaksudkan untuk mengacaukan lomba lari. Bom meledak pukul 09.35," kata Al Della Fave, juru bicara kantor Ocean County Prosecutor melalui wawancara dengan CNN.

Tak lama berselang, di Chelsea, New York juga terjadi ledakan yang tepatnya terjadi pada 20.30 malam waktu setempat. Sebanyak 29 orang dilaporkan terluka akibat insiden tersebut.

Kompas TV Bom Meledak Pasca-Pemecatan 28 Wali Kota di Turki
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com