Kompas.com - 07/09/2016, 14:16 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Seorang bocah berusia empat tahun di Australia sedang menjalani proses persiapan untuk operasi perubahan jenis kelamin.

Tak hanya itu, seluruh biaya operasi mendapat sokongan dana dari Departemen Pendidikan Negara bagian New South Wales, Australia.

Operasi akan dilakukan, meskipun anak itu masih sangat kecil, bahkan belum bersekolah di tingkat taman kanak-kanak sekali pun.

Tentu, rencana ini menjadi kontroversi. Banyak pihak melayangkan peringatan kepada pemerintah, dengan menyebut anak itu masih terlalu kecil untuk menjalani operasi terkait dengan masa depannya.

Seperti diberitakan laman The Daily Telegraph, pemerintah setempat menyebut bahwa anak ini akan menjadi bocah termuda di negara itu yang menjalani operasi pergantian jenis kelamin.

Sekalipun anak ini belum memasuki jenjang TK, Departemen Pendidikan NSW bakal membantu anak ini dan keluarganya dengan menggelontorkan biaya dari program "Safe School".

Kabar rencana operasi bocah empat tahun ini terungkap dalam rapat dengar pendapat pemerintah untuk menentukan anggaran dalam program Safe Schools di Departemen Pendidikan NSW.

Deputy Secretary Departemen Pendidikan NSW Gregory Prior menyebut, dalam rapat diungkapkan jumlah pelajar yang akan menjalani operasi penggantian jenis kelamin. Dari sekian anak, yang termuda berusia empat tahun. 

"Tanpa bermaksud melanggar batas privasi, saat ini kami memiliki seorang bocah berusia empat tahun yang akan menjalani operasi pengantian jenis kelamin," kata Prior.

"Tahun depan dia akan memasuki jenjang TK dan diidentifikasi sebagai transjender," sambung dia.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.