Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tewas akibat Bom Bunuh Diri di Tiga Kota di Arab Saudi

Kompas.com - 05/07/2016, 07:38 WIB

RIYADH, KOMPAS.com – Sementara ini diketahui, enam orang tewas akibat tiga serangan bom bunuh diri terkoordinasi di tiga kota di Arab Saudi, Senin (4/7/2016) siang atau malam WIB.

Ledakan bom bunuh diri terjadi di tiga kota, yakni Madinah, Jeddah, dan Qatif, seperti dilaporkan Reuters pada Selasa (5/7/2016) pagi WIB.

Selain diplomat Amerika Serikat di Jeddah, serangan itu juga menarget jemaah dari sekte tertentu di Qatif dan pos keamanan di sebuah rumah ibadah di Madinah.

Serangan tersebut terjadi menyusul pembunuhan massal yang diklaim oleh kelompok radikal di Istanbul, Turki; Dhaka, Banglades; dan Baghdad, Irak.

Pengebom bunuh diri meledakkan bom di sebuah tempat parkir tak jauh dari sebuah rumah ibadah di Madinah.

Selain pelaku, empat petugas keamanan setempat tewas dan lima petugas keamanan lainnya terluka. 

Kejadian itu berlangsung tidak lama setelah serangan bom bunuh diri di kantor Konsulat Amerika Serikat di Jeddah, yang menyebabkan dua polisi terluka.

Di kota Qatif, yang terletak di wilayah timur Arab Saudi yang banyak dihuni warga dari sekte minoritas, setidaknya satu bom meledak di dekat sebuah rumah ibadah.

Sejumlah saksi mata mengatakan melihat potongan tubuh berceceran di lokasi ledakan, yang diduga  dari pelaku bom bunuh diri.

Seorang juru bicara keamanan mengatakan, selain mayat pelaku bom bunuh diri, dua korban tewas lainnya telah diidentifikasi.

Dengan demikian, selain menyebabkan tewasnya tiga pelaku, serangan bom bunuh diri di Arab Saudi ini menyebabkan setidaknya enam korban tewas, yakni empat tewas di Madinah dan dua tewas di Qatif.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di tiga kota itu, tetapi aparat keamanan sedang melakukan penyelidikan menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com