Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sehari, Bom Bunuh Diri Guncang Tiga Kota di Arab Saudi

Kompas.com - 05/07/2016, 02:20 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Tak hanya di Madinah, sepanjang Senin (4/7/2016), dua kota lain di Arab Saudi juga diserang aksi bom bunuh diri, yaitu di Jeddah dan Qatif.

Di kota Qatif, yang terletak di wilayah timur Saudi yang banyak dihuni warga Syiah, setidaknya satu bom meledak di dekat sebuah masjid.

Sejumlah saksi mata mengatakan melihat potongan tubuh, yang kemungkinan berasal dari pelaku bom bunuh diri, berceceran di lokasi ledakan.

Seorang warga yang dihubungi Reuters lewat telepon mengatakan, kemungkinan besar tak ada korban jiwa lain dalam peristiwa itu karena umat yang menjalankan ibadah shalat di masjid itu sudah pulang untuk berbuka puasa.

Aparat keamanan setempat, kata warga itu, kemudian datang untuk melakukan investigasi dan membersihkan area di sekitar masjid tersebut.

Beberapa jam sebelumnya, seorang pelaku bom bunuh diri beraksi dan mengakibatkan dua orang terluka di dekat konsulat AS di kota terbesar kedua Arab Saudi, Jeddah.

Sejauh ini belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas aksi bom bunuh diri di Qatif dan Jeddah.

Kedua bom bunuh diri itu kemudian disusul ledakan di dekat Masjid Nabawi, Madinah, ketika seorang "pengantin" meledakkan diri di dekat markas kepolisian yang berada di dekat masjid yang merupakan tempat suci kedua umat Islam tersebut.

Sebuah video yang dikirimkan seorang saksi mata kepada Reuters memperlihatkan kobaran api yang cukup besar melalap beberapa mobil di lapangan parkir.

Sementara itu, suara sirene ambulans dan mobil polisi terdengar di latar belakang. Selain itu, terlihat pula seorang pria yang mengalami luka bakar sedang diangkut dengan menggunakan tandu.

Sejauh ini belum diperoleh keterangan resmi soal korban yang jatuh akibat aksi bom bunuh diri di Madinah ini. Namun, diduga selain tiga pelaku bom bunuh diri, dua orang polisi juga tewas dalam insiden itu.

Kompas TV Ledakan Terjadi di Area Parkir Depan Masjid Nabawi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com