Kompas.com - 14/04/2016, 12:58 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara dikabarkan tengah mempersiapkan peluncuran sejumlah misil balistik jarak menengah, kemungkinan terkait dengan peringatan ulang tahun mendiang Kim Il Sung, Jumat (15/4/2016).

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengabarkan, militer Korea Utara sudah memindahkan satu atau dua misil balistik Musudan ke sekitar kota pelabuhan Wonsan, wilayah timur negeri itu, tiga pekan lalu.

"Sudah terdapat cukup bukti bahwa (Korea) Utara akan meluncurkan misil pada sekitar hari ulang tahun Kim Il Sung," demikian Yonhap mengutip seorang pejabat.

Korea Utara selalu memperingati hari kelahiran mendiang Kim Il Sung pada 15 April secara besar-besaran. Biasanya acara ini diwarnai parade militer yang memamerkan persenjataan mutakhir dan peluncuran misil.

Negeri yang memiliki senjata nuklir ini telah melakukan peluncuran sejumlah misil jarak pendek dan menengah, tetapi belum pernah menguji Musudan yang mampu mencapai jarak 4.000 meter.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan tidak memberikan keterangan lebih rinci meski telah mengatakan bahwa uji coba misil diperkirakan digelar pada Jumat ini.

Pada Selasa lalu, CNN mengabarkan, satelit intelijen AS menangkap tanda-tanda bahwa Korea Utara tengah mempersiapkan peluncuran misil balistiknya.

Namun, militer Korea Selatan tidak mau memberikan konfirmasinya terkait kabar dari CNN tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.