Kompas.com - 07/04/2016, 22:20 WIB
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (7/4/2016), menepis adanya "elemen korupsi" setelah dokumen Panama Papers menyebut teman dekatnya, Sergei Rodulgin mengelola perusahaan luar negeri bernilai 2 miliar dollar AS untuk dia.

Putin menambahkan, namanya tak muncul dalam dokumen tersebut dan menuding para pejabat AS berada di balik investigasi jurnalistik ini.

Dia menegaskan, investigasi itu mencoba dan gagal untuk mencari informasi yang terkait dengan kesepakatan keuangan yang dilakukan dirinya.

"Mereka menyisir rekening-rekening perusahaan luar negeri itu. Pelayan Anda yang setia tak ada di dalamnya. Lalu apa yang ada di dalam sana?" kata Putin merujuk dirinya sendiri.

Putin menambahkan, orang-orang yang bekerja di balik Panama Papers justru menjerat sejumlah teman Presiden Rusia dan menduga aktivitasnya dipenuhi korupsi.

"Elemen korupsi seperti apa? Tak ada sama sekali (elemen korupsi)," tambah Putin.

"WikiLeaks sudah menunjukkan kepada kita semua fakta bahwa para pejabat dan institusi AS berada di balik ini semua," Putin menegaskan.

Pada Rabu (6/4/2016), WikiLeaks mengatakan lewat akun Twitter-nya bahwa pemerintah AS membiayai serangan Panama Papers terhadap Putin lewat USAID.

Dalam kesempatan yang sama, Putin juga membela Sergei Rodulgin yang disebutnya sebagai seorang musisi brilian dan filantropis.

"Rodulgin hanya memiliki sedikit saham di salah satu perusahaan kami dan laporan ini membesar-besarkan pendapatan dia," ujar Putin merujuk pada Bank Rossiya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.