Kompas.com - 28/03/2016, 08:10 WIB
EditorPascal S Bin Saju

LONDON, KOMPAS.com — Seorang perempuan penata busana dilarang terbang seumur hidupnya dengan semua penerbangan British Airways di dunia. Hal itu terjadi setelah insiden yang menjengkelkan penumpang lain di ketinggian jelajah 30.000 kaki dari London ke Dubai.

Ketika masih di udara, perempuan bernama Bridget Nhire (33) itu pun duduk dengan tangan diborgol dan kaki terikat. Saat pesawat mendarat, ia pun turun dengan dikawal polisi.

Peristiwanya terjadi dalam penerbangan dari Heathrow, London, Inggris, menuju Dubai, Uni Emirat Arab, seperti dilaporkan The Mirror, Minggu (27/3/2016).

Nhire adalah seorang konsultan mode fashion merek Reiss. Ia dihukum petugas berwenang di dalam pesawat setelah penumpang lain mengeluh bahwa ia terlalu sering bangun untuk meregangkan kakinya. Penumpang lain itu merasa terganggu.

Penata busana ini mengatakan, insiden itu membuatnya malu dan menangis sedih.

Setelah turun dari pesawat, ia pun baru dibebaskan lima jam kemudian tanpa didakwa bersalah.

Saat itu Nhire sedang terbang untuk mengunjungi sahabatnya ketika seorang pria yang duduk baris di belakangnya komplain. Ia mengatakan, “Pria itu memberi tahu saya untuk duduk dan saya mengatakan, ‘Saya punya hak untuk bangun dan berjalan keluar dari tempat duduk demi kesehatan saya’. Hal itu menyulut perdebatan kecil,” katanya.

“Kemudian awak kabin meminta saya untuk pindah ke depan. Mereka mengatakan, 'Anda menjadi agresif, kami merasa Anda mungkin terlalu banyak minum’,” kata Nhire kemudian meniru awak kabin.

"Saya memang minum, tetapi tidak mabuk. Saya minum dua gelas anggur saat makan. Mereka mengikat saya di kursi dan tangan saya diborgol. Saya pun memar," ujar Nhire dengan wajah sedih.

British Airways mengatakan, mereka telah melakukan penyelidikan penuh, mengumpulkan pernyataan dari penumpang dan awak, sebelum mengambil tindakan "tak biasa" untuk melarang Nhire.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.