Kompas.com - 19/09/2015, 03:40 WIB
EditorFidel Ali
KOMPAS.com — Paus Fransiskus sudah menampung satu keluarga pengungsi Suriah di sebuah apartemen Vatikan, seperti diungkapkan para pembantu Paus.

Keluarga Katolik dari Damaskus itu merupakan satu dari dua keluarga yang dijanjikan Paus akan mendapat tempat di Vatikan sebagai bagian dari upaya Gereja Katolik untuk membantu para pengungsi.

Mereka tiba di Italia pada tanggal 6 September, pada hari Paus meminta agar setiap paroki Gereja Katolik di Eropa menampung satu keluarga pengungsi.

Identitas keluarga yang sudah ditampung Vatikan tersebut masih dirahasiakan sampai pihak berwenang Italia mengambil keputusan atas permohonan suakanya.

Sebagai umat Katolik yang mengungsi dari Suriah yang tercabik-cabik perang saudara dengan aksi penganiayaan atas kaum minoritas, kemungkinan besar mereka akan mendapat izin untuk tinggal di Italia.

Bagaimanapun prosesnya, diperkirakan, hal itu memerlukan waktu berbulan-bulan, kecuali mendapat perlakuan khusus.

Kawasan Eropa barat menghadapi kedatangan gelombang pengungsi yang dalam beberapa pekan belakangan ini jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu jiwa.

Sebagian besar berasal dari Suriah dan mereka mencoba memasuki daratan Eropa barat dengan menggunakan berbagai alat transportasi, mobil, bus, kereta api, maupun berjalan kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.