Kompas.com - 10/05/2015, 18:01 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Paus Fransiskus akan menerima Presiden Kuba Raul Castro dalam sebuah kunjungan di Vatikan hari Minggu (10/5/2015).

Presiden Castro, yang baru kembali dari Moskwa setelah memperingati 70 tahun kemenangan Rusia atas Nazi dalam Perang Dunia II akan mengucapkan terima kasih kepada Paus atas bantuannya, kata Vatikan.

Paus Fransiskus dianggap memiliki peran yang besar dalam memperbaiki hubungan diplomatis antara Amerika Serikat dan Kuba.

Sementara itu, Paus dijadwalkan akan mengunjungi Amerika Serikat September mendatang.

Gereja Katolik sejak revolusi 1959 tetap mempertahankan hubungannya dengan Havana. Pada tahun 1996, Paus Yohanes Paulus II menjadi Paus pertama yang menerima pemimpin Kuba Fidel Castro ketika melakukan perjalanan ke Vatikan.

Presiden Raul Castro, adik dari Fidel, terakhir mengunjungi Roma pada tahun 1997 ketika ia merupakan menteri pertahanan.

Pada saat itu ia sedang mempersiapkan kunjungan bersejarah Yohanes Paulus II ke Havana pada tahun berikutnya.

Gereja Katolik menyelenggarakan serangkaian pertemuan diplomatik rahasia untuk pemulihan hubungan AS-Kuba.

Pembicaraan melibatkan Paus Fransiskus langsung. AS memberlakukan embargo perdagangan terhadap Kuba segera setelah revolusi. Embargo ini akhirnya ditarik pada akhir tahun 2014.

Paus yang berusia 78 tahun tersebut akan menjadi Paus ketiga yang melakukan perjalanan ke Kuba, setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1998 dan Paus Benediktus XVI pada tahun 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.