Kompas.com - 21/12/2014, 04:16 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

GENEVE, KOMPAS.com - Sejumlah negara menjadi endemi ebola, terutama Sierra Leone, Liberia, dan Guinea. Selain itu, angka kematian tinggi juga dialami para petugas kesehatan yang menangani pasien atau mereka yang meninggal karena ebola.

Ini rinciannya:

Sierra Leone
Kasus ebola terjadi paling banyak di negara ini per 16 Desember 2014, melampaui Liberia yang sudah jauh lebih lama terhantam penyakit tersebut. Di Sierra Leone, tercatat ada 8.759 kasus infeksi ebola, dengan 2.477 kematian, per tanggal itu.

Liberia
Negara yang dianggap paling lama berhadapan dengan ebola ini mulai memperlihatkan penurunan angka penularan dalam beberapa bulan terakhir. Per 16 Desember 2014, tercatat 7.819 kasus ebola di sini, dengan 3.346 kematian terjadi.

Guinea
Di negara inilah, ledakan kasus ebola dimulai pada tahun lalu. Angka kasus ebola di negara ini tercatat ada di kisaran 2.453 dengan 1.550 orang meninggal.

Petugas kesehatan

Ebola adalah penyakit paling mematikan yang dikenal sejauh ini, menular hanya lewat kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi virus ini, dengan gejala awal berupa demam atau muntah.

Orang-orang yang merawat para penderita ebola atau menangani jasad mereka yang meninggal karena ebola, adalah mereka yang paling rentan tertulari. WHO menyebutkan ada 649 tenaga kesehatan yang diketahui telah bersinggungan dengan penyakit ini, dan dari jumlah itu 365 di antaranya meninggal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.