Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bibi Kim Jong Un Dikabarkan Meninggal Dunia akibat Stroke

Kompas.com - 02/12/2014, 11:49 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Bibi pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menderita stroke saat melakukan pembicaraan telepon dengan sang pemimpin beberapa hari setelah suaminya dieksekusi.

Kabar ini disampaikan seorang pembelot Korea Utara, Kang Myung Do, kepada CNN. Kim Kyong Hui, bibi Kim Jong Un, lalu dilarikan ke rumah sakit hingga dia meninggal dunia di sana.

CNN mengatakan, mereka tidak dapat memverifikasi secara independen pengakuan Kang Myung Do itu, meski Kang adalah putra mantan PM Korea Utara Kang Sun San.

Keberadaan Kim Kyong Hui selama ini menjadi sumber spekulasi setelah suaminya yang juga paman Kim Jong Un, Jang Song Taek, dieksekusi pada 12 Desember 2013 karena tuduhan makar.

Harian The Wall Street Journal, mengutip pembelot lainnya Kim Heung Kwang, pekan lalu, mengabarkan, sang bibi melakukan bunuh diri dengan menenggak racun setelah suaminya dieksekusi. "Dia tak punya keinginan lagi untuk hidup," demikian Kim Heung Kwang mengatakan.

Pada akhir Oktober lalu, harian terbitan Korea Selatan JoonAng Daily mengabarkan Kim Kyung Hui mengalami pendarahan otak karena tak bisa mengatasi rasa dukanya dan sejak itu mengalami kelumpuhan.

Kabar yang disampaikan JoonAng Daily berasal dari seorang pembelot lainnya, Park Sang Hak, yang mengatakan bahwa Kim Kyung Hui menderita stroke karena eksekusi suaminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com