Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Kini Jadi Pelajaran Wajib di Korea Utara

Kompas.com - 26/11/2014, 23:02 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Para pelajar Korea Utara saat ini harus lulus mata pelajaran tentang pemimpin negara mereka, Kim Jong Un, yang kini diajarkan sebagai bagian dari mata pelajaran sekolah menengah.

Pelajaran baru tersebut mulai diterapkan pada kurikulum tahun ini, menurut situs resmi media Pemerintah Korea Selatan, KBS World Radio.

Stasiun radio tersebut menyatakan telah mendapatkan salinan "garis besar pendidikan wajib" Dewan Pendidikan Korea Utara yang menegaskan "sejarah Kim Jong Un sebagai topik sekolah resmi".

Para murid harus menyelesaikan pelajaran itu selama 81 jam atau dalam tiga tahun. Demikian laporan KBS World Radio.

Belum terdapat buku pelajaran yang dapat membantu mereka memahami kehidupan sang pemimpin sehingga materi dari Partai Pekerja Korea yang berkuasa adalah yang menjadi sumber pelajaran di ruang kelas.

"Murid juga diajarkan kutipan pernyataan, tesis, dan perintah yang disampaikan Kim Jong Un kepada partai yang berkuasa dan militer," tulis situs tersebut.

Meskipun bisa dikatakan tidak terdapat kultus pribadi Kim sejak dia berkuasa pada Desember 2011, sejumlah pengamat mengatakan, kelas-kelas baru dapat mengisyaratkan dimulainya hal tersebut.

Para murid telah diwajibkan mempelajari sejumlah tokoh politik penting, termasuk 160 jam pelajaran tentang pendiri negara Korea Utara, Kim Il Sung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com