Kompas.com - 14/08/2014, 20:23 WIB
EditorErvan Hardoko
RABAT, KOMPAS.com - Kepolisian Maroko menahan sembilan orang tersangka perekrut sukarelawan untuk Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Maroko, Kamis (14/8/2014).

Jaringan perekrut itu beroperasi di beberapa kota pesisir Laut Tengah seperti Tetouan, Fez dan Fnideq, sebuah kota kecil di dekat wilayah kantung Spanyol, Ceuta.

Polisi mengatakan, kelompok ini tidak hanya merekrut sukarelawan namun juga mengumpulkan dana dan mengirimkan para sukarelawan itu ke Irak dan Suriah. Di sisi lain, Kementerian Dalam Negeri Spanyol, yang ikut serta dalam investigasi ini, mengatakan jaringan perekrut itu juga beroperasi di dalam wilayah Ceuta.

Maroko memang tidak banyak menderita serangan teroris namun negeri itu menjadi ladang subur para sukarelawan untuk berperang ke Suriah atau Mali. Setiap bulan aparat keamanan Maroko menemukan jaringan-jaringan baru.

Pada Mei dan Juni lalu, kepolosian Maroko juga menngkap dua sel perekrut sukarelawan yang juga berbasis di Fez dan di kawasan pesisir Laut Tengah. Sementara itu Spanyol juga menahan puluhan tersangka perekrut dalam beberapa tahun terakhir, terutama yang beroperasi di dua daerah kantungnya di Afrika Utara.

Sejumlah orang yang telah direkrut berencana menggunakan keahlian hasil pelatihan mereka di Maroko dengan melakukan sejumlah serangan bom.

Kementerian Dalam Negeri Maroko menyatakan sebanyak 1.212 warga Maroko saat ini bergabung dengan berbagai kelompok militan di Irak dan Suriah termasuk ISIS. Sedikitnya 100 orang sudah ditangkap saat mereka pulang ke Maroko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.