Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Lebanon Tangkap Anggota Militan Perekrut "Pengantin"

Kompas.com - 21/02/2014, 21:47 WIB
BEIRUT, KOMPAS.com — Aparat keamanan Lebanon, Jumat (21/2/2014), mengatakan, telah menahan seorang tersangka anggota militan Sunni yang diduga menjadi perekrut pelaku bom bunuh diri.

Tersangka ini juga diyakini menjadi perancang bom mobil untuk kelompok radikal yang menyerang berbagai kepentingan Iran di Beirut.

Aparat Lebanon menambahkan, Hassan Abu Afleh —nama tersangka itu— juga diduga adalah salah satu tokoh penting kelompok militan Brigade Abdullah Azzam.

Kelompok ini diketahui berada di belakang sejumlah serangan bom yang ditujukan untuk "menghukum" sekutu Iran di Lebanon, Hezbollah, terkait peranan mereka di Suriah.

Penangkapan Abu Afleh di Beirut menyusul penahanan Naim Abbas, seorang tokoh militan lain yang menurut aparat Lebanon bekerja untuk kelompok Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL).

Abu Afleh ditangkap di sebuah distrik yang mayoritas penduduknya adalah Muslim Sunni di Beirut. Sejauh ini belum diperoleh detail soal penangkapan Abu Afleh yang masih dalam pemeriksaan aparat.

Seorang tersangka tokoh Brigade Abdullah Azzam yang lain, Majid bin Muhammad al-Majid, meninggal dunia saat ditahan aparat Lebanon pada Januari lalu.

Aparat Lebanon mengklaim pria asal Arab Saudi yang juga menjadi buronan negara asalnya itu meninggal dunia karena menderita gagal ginjal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com