Kompas.com - 19/06/2014, 20:45 WIB
EditorErvan Hardoko
BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan pemerintah Irak, Kamis (19/6/2014), berhasil menguasai sepenuhnya kilang penyulingan minyak terbesar di Irak setelah terlibat baku tembak hebat dengan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pada Rabu (18/6/2014), kelompok ISIS menyerang kompleks penyulingan minyak Baiji yang terletak di sebelah selatan kota Mosul yang sudah direbut kelompok itu.

Akibat serangan tersebut, sejumlah tangki penyimpanan minyak terbakar dalam sebuah langkah untuk mengguncang pasar minyak dunia.

"Pasukan pemerintah sudah sepenuhnya mengendalikan komplek penyulingan Baiji," kata Letnan Jenderal Qassem Atta, juru bicara keamanan pemerintah Irak.

Sementara itu, seorang pekerja kilang kepada AFP mengatakan pasukan ISIS mundur meninggalkan kompleks penyulingan itu di bawah tembakan gencar pasukan pemerintah.

Baku tembak berlangsung sejak Rabu pagi yang mengakibatkan sejumlah tanki penyimpanan minyak untuk produksi terbakar. Baku tembak terus terjadi hingga tengah malam dan berlanjut secara sporadis pada Kamis.

Kilang penyulingan Baiji adalah yang terbesar di Irak dan menghasilkan sekitar separuh dari kebutuhan bahan bakar Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.