Kompas.com - 21/02/2014, 17:36 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama akan menerima pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama di Gedung Putih, Jumat (21/2/2014) waktu setempat, meski China meminta agar pertemuan itu dibatalkan.

Pertemuan kedua pemimpin itu akan digelar di Ruang Peta di lantai dasar kediaman presiden dan bukan di Ruang Oval, tempat biasa Obama menerima tamu-tamu negara.

Terakhir kali Obama bertemu Dalai Lama di Gedung Putih pada 2011. Saat itu pertemuan keduanya juga memicu kemarahan China, yang mengatakan pertemuan itu merusak hubungan China-AS.

China, yang menjuluki Dalai Lama sebagai "serigala berbulu domba" yang mencoba memerdekakan Tibet, langsung bereaksi atas rencana pertemuan di Gedung Putih itu.

"China dengan tegas menolak pertemuan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunyin.

"Kami minta pemerintah AS untuk menanggapi keberatan China dengan serius dan segera membatalkan pertemuan itu," tambah Hua.

Lebih jauh Hua menyebut Dalai Lama sebagai seorang pelarian politik yang sejak lama terlibat gerakan anti-China dengan kedok agama.

Sebelummnya, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden mengatakan Presiden Obama akan menerima Dalai Lama dalam kapasitas sebagai seorang pemimpin budaya dan keagamaan internasional.

Sebagai pertanda AS memahami kesensitifan agenda ini, maka kunjungan Dalai Lama hanya dimasukkan sebagai jadwal harian Obama dan tertutup untuk media.

Caitlin menegaskan bahwa AS mendukung pendekatan yang dilakukan Dalai Lama namun tetap mengakui Tibet sebagai wilayah Republik Rakyat China.
 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.