Kompas.com - 21/02/2014, 12:12 WIB
EditorEgidius Patnistik
Tiga orang pria berusia 88, 92 dan 94 tahun ditangkap oleh aparat Jerman karena diduga pernah menjadi penjaga di kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz.

Rumah sekelompok pria digeledah di tiga negara bagian Jerman, beberapa bulan setelah jaksa penuntut yang menyelidiki rangkaian kejahatan perang Nazi mengumumkan mereka merekomendasikan dakwaan terhadap 30 orang.

Ketiga orang lelaki tersebut telah ditahan dan dikirim ke rumah sakit penjara.

Lebih dari 1,1 juta orang, sebagian besar dari mereka keturunan Yahudi, dibunuh di Auschwitz.

Para tersangka itu ditangkap di negara bagian Baden-Wuerttemberg dan dicurigai terlibat pembunuhan yang terjadi antara 1942-45. Mereka dibawa ke rumah sakit penjara Hohenasperg di Ludwigsburg, seperti dilaporkan sejumlah media. Penggeledahan juga dilakukan di negara bagian Hessen dan North-Rhine Westphalia, meski tidak ada satu pun tersangka yang ditahan.

Keputusan untuk mengambil tindakan terhadap para penjaga Nazi ini menyusul vonis bersalah atas John Demjanjuk pada 2011. Pengadilan memutuskan bahwa hanya dengan menjadi pegawai di kamp konsentrasi ia bersalah karena menjadi alat untuk membantu pembunuhan.

Hal ini berarti pengadilan tidak perlu membuktikan partisipasi aktif untuk meyakinkan sidang bahwa ia bersalah karena pembunuhan, seperti dilaporkan koresponden BBC di Jerman Stephen Evans.

Demjanjuk, yang meninggal dunia pada usia 91 tahun pada 2012, membantah bahwa ia adalah pengawal di kamp Sobibor di Polandia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.