Kompas.com - 13/12/2013, 22:09 WIB
EditorErvan Hardoko

ROMA, KOMPAS.com — Kepolisian Italia menangkap keluarga dekat dari bos mafia Sisilia yang paling dicari dan menyebutnya sebagai pukulan besar bagi kepemimpinan mafia, Jumat (13/12/2013).

Kakak, sepupu, dan dua keponakan Matteo Messina Denaro termasuk dalam 30 orang yang ditangkap dalam salah satu operasi antikriminalitas terbesar di Pulau Sisilia dalam beberapa tahun belakangan.

Mereka ditangkap dengan tuduhan menjadi anggota kelompok penjahat dan pemerasan, seperti dilaporkan wartawan BBC, Alan Johnston, dari Roma.

Matteo Messina Denaro didakwa membunuh belasan orang dan menjadi buron selama 20 tahun, dan pernah mengatakan bahwa dia sendiri yang "mengisi semua kuburan". Selain itu, sejumlah benda senilai 7 juta dollar AS atau sekitar Rp 70 miliar disita dalam operasi ini.

Polisi mengatakan, kelompok pimpinan Denaro—yang sering disebut superbos—antara lain menguasai industri konstruksi.

Mafia Sisilia saat ini tidak sekuat dulu lagi setelah beberapa bosnya yang terkenal ditangkap dan dipenjara. Hal itu yang membuat Denaro mewarisi posisi yang disebut sebagai capo di tutti capi atau bos dari para bos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.