Kompas.com - 29/10/2013, 22:57 WIB
|
EditorErvan Hardoko
NAIROBI, KOMPAS.com — Pimpinan militer Kenya terpaksa memecat dua tentara dan menahan seorang lainnya karena mencuri sejumlah barang selama bertugas di pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi, saat pusat perbelanjaan ini diduduki kelompok militan bersenjata.

Para tentara ini sembari menjaga juga "menyempatkan diri" mencuri sejumlah barang dalam beberapa toko di dalam mal yang ditinggalkan pemiliknya.

Jenderal Julius Karangi, Selasa (29/10/2013), sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, dua prajurit yakni Victor Otieno dan Victor Ashinundu dipecat karena terbukti mencuri barang dagangan di dalam mal.

Sementara itu, tentara ketiga yang tak diungkapkan namanya masih menjalani pemeriksaan serius. Tentara ini, ujar Karangi, ditemukan membawa telepon genggam, kamera, dan charger. Semua barang-barang ini mereka curi selama melakukan aksi penjagaan dan siaga di mal di Nairobi.

Sebelumnya, militer Kenya membantah tudingan prajuritnya menjarah barang-barang di dalam mal Westgate. Mereka hanya mengatakan para prajurit hanya mengambil air dari mal selama aksi siaga dan penjagaan atas mal.

Namun, kamera keamanan mal yang diperlihatkan kepada media memperlihatkan beberapa tentara Kenya membawa tas berisi sejumlah barang saat mereka meninggalkan mal Westgate setelah empat hari bertugas di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.