Kompas.com - 22/10/2013, 16:49 WIB
EditorErvan Hardoko
NAIROBI, KOMPAS.com - Sejumlah dokumen ditemukan di dalam komputer jinjing milik Samantha Lewtwhaite alias Janda Putih yang diduga terlibat dalam penyerangan mal Westgate, Nairobi bulan lalu yang menewaskan 67 orang.

Salah satu yang menarik di dalam laptop adalah sajak 34 baris berjudul "Ode untuk Osama" yang digunakan Samantha untuk menunjukkan rasa cintanya kepada Osama bin Laden yang disebutnya sebagai "ayah dan kakak".

Puisi dan sejumlah foto adalah bagian dari 2.000 dokumen yang berhasil ditemukan di dalam laptop dan flash drive yang berusaha dihancurkan sebelum Samantha meninggalkan rumah persembunyiannya di kota pesisir Kenya, Mombasa pada Desember 2011.

Samantha, janda pengebom bunuh diri 7 Juli 2005 di London, kini bersembunyi setelah Interpol menerbitkan "red notice" untuk penangkapan perempuan yang dianggap bertanggung jawab atas penyanderaan Westgate.

Berdasarkan sejumlah dokumen yang ditemukan itu, Samantha selama ini menggunakan nama Natalie Faye Webb dan memegang paspor Afrika Selatan palsu.

Dengan identitas palsunya itu Samantha menyewa apartemen di dekat mal The Junction, Nairobi, sebuah pusat perbelanjaan -yang seperti Westgate- juga banyak dikunjungi ekspatriat dan warga kelas menengah Kenya.

Mendapatkan bukti-bukti itu, intelijen Inggris dan Kenya yakin bahwa The Junction adalah target Al Shabab selanjutnya.

Soal puisi, Samantha menulisnya tak lama setelah Osama bin Laden tewas dalam penggerebekan pasukan khusus AS di Pakistan pada Mei 2011.

"Oh Sheik Osama, ayahku, saudaraku, cintaku untukmu tak seperti yang lain," demikian salah satu kalimat dalam puisi Samantha.

"Oh Sheik Osama, setelah kau tiada, Muslim harus terjaga dan mereka harus kuat," demikian lanjutan puisi itu.

"Kami yang engkau tinggalkan akan melanjutkan apa yang telah kau mulai, untuk mencari kemenangan hingga kami syuhada," masih puisi Samantha.

Puisi ini adalah bagian dari semacam catatan harian pribadi Samantha. Di bagian lain, dia juga menunjukkah kebanggaannya karena anak-anaknya bercita-cita ingin menjadi mujahidin dan melawan orang-orang kafir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.