Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interpol Buru "Janda Putih" atas Permintaan Kenya

Kompas.com - 26/09/2013, 22:04 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com — Interpol, Kamis (26/9/2013), mengeluarkan perintah penangkapan internasional terhadap warga negara Inggris, Samantha Lewthwaite alias "Janda Putih", atas permintaan Pemerintah Kenya.

Dalam pernyataan Interpol disebutkan, Pemerintah Kenya menginginkan perempuan berusia 29 tahun itu karena didakwa memiliki bahan peledak dan konspirasi melakukan kejahatan pada Desember 2011.

Perintah pencarian dan penangkapan Interpol, yang dikenal dengan sebutan Red Notice, berlaku untuk semua negara anggota.

Pada 2011, Kepolisian Kenya menerbitkan surat perintah pencarian atas nama Lewthwaite karena perempuan itu menggunakan paspor palsu Afrika Selatan dengan nama Natalie Faye Webb, dan bersama tiga anaknya memasuki wilayah Kenya.

Harian terbitan Nairobi, Daily Nation, mengutip sejumlah sumber keamanan yang menyebut kelompok ekstremis di pesisir Kenya memanggil Samantha dengan nama Dada Muzungu atau "Saudari Putih" dalam bahasa Swahili.

Pada Januari 2012, Samantha lolos dari penangkapan saat pasukan Kenya menyerbu beberapa vila yang diyakini menjadi tempat persembunyiannya.

Sementara itu, harian The Standard mengabarkan, polisi menerima ratusan telepon dari sejumlah orang yang menawarkan bukti-bukti keberadaan "Si Janda Putih".

Perempuan Inggris berjuluk "Janda Putih" itu bernama asli Samantha Lewthwaite, putri dari seorang pensiunan tentara Inggris dan janda dari pelaku bom bunuh diri di London, 7 Juli 2005, Lindsay Germaine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com