Kompas.com - 20/10/2013, 01:07 WIB
EditorErvan Hardoko
LONDON, KOMPAS.com - Sebuah biola yang dimainkan band kapal pesiar Titanic untuk menenangkan penumpang saat kapal itu karam terjual dalam sebuah lelang dengan harga 1,4 juta dolar atau hampir Rp 16 miliar, Sabtu (19/10/2013).

Biola ini menjadi benda memorabilia Titanic termahal yang pernah terjual dalam sebuah pelelangan. Biola itu adalah milik Wallace Hartley dan ditemukan terikat ke jasad pria itu yang tenggelam bersama tujuh rekan band-nya dan sekitar 1.500 penumpang kapal yang tenggelam pada 1912 itu.

Dalam lelang itu, biola bersejarah tersebut terjual setelah perang tawar menawar selama 10 menit lewat telepon di balai lelang Henry Aldridge and Son di Dwvizes, Inggris.

Pada biola itu tertulis inkripsi dari tunangan Wallace, yaitu Maria Robinson untuk mengenang pertunangan mereka. Biola itu terjual dengan tempatnya denga inisial WHH di atasnya.

Selama beberapa dekade biola tersebut dianggap hilang namun kemudian ditemukan di loteng sebuah rumah di Inggris pada 2006, yang memicu perdebatan soal keasliannya. Belum lama ini para pakar menyimpulkan biola itu memang asli.

"Kami sangat bahagia. Biola itu terjual kepada seorang kolektor yang menawar lewat telepon. Proses lelang hanya berlangsung 10 menit," kata Christine Aldridge, juru bicara rumah lelang itu.

Wallace Hartley dan bandnya memainkan lagu "Nearer, My God, to Thee" untuk menenangkan penumpang Titanic yang menaiki kapal sekoci saat kapal pesiar itu mulai tenggelam di Laut Atlantik Utara pada 15 April 1912, setelah menabrak sebuah gunung es.

Hartley dan tujuh rekannya meninggal setelah memilih tetap bermain dan tidak masuk ke dalam sekoci. Tunangan Hartley, Maria Robinson tidak menikah setelah Hartley meninggal dunia.

Setelah Maria meninggal dunia pada 1939, saudarinya mendonasikan biola itu ke band Salvation Army, yang kemudian memberikannya ke seorang guru musik lalu ke seorang lainnya hingga ditemukan di sebuah rumah di Lancashire, 2006 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.