Kompas.com - 10/10/2013, 16:07 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Jepang melalui Menteri Luar Negerinya Taro Aso meminta agar AS cepat mencari solusi soal "shutdown". Jika tidak, sebagaimana warta Kyodo pada Kamis (10/10/2013), situasi tatkala Kongres AS gagal menyepakati anggaran yang diperlukan untuk operasi pemerintah itu, bakal membuat runyam ikhwal hubungan ekonomi kedua negara.

Tak hanya Jepang, China pun bakal terkena imbas apa yang tengah terjadi di AS hingga hari kesepuluh ini. Soalnya, baik Jepang dan China menjadi pembeli paling banyak untuk obligasi negara AS.

Menurut catatan Wakil Menteri Keuangan China Zhu Guangyao total pembelian obligasi negara AS oleh China dan Jepang berada di posisi 2,4 triliun dollar AS.

Lalu, terkait dengan belum ada kata sepakatnya antara pemerintah AS dengan Kongres soal batas atas utang negara hingga 16,7 triliun dollar AS saat jatuh tempo pada 17 Oktober mendatang, Taro Aso mengatakan AS harus menghindari gagal bayar. "Kalau tidak, AS akan kehilangan status AAA pada pemeringkatan utang,"katanya.

Status pemeringkatan utang adalah kondisi suatu negara atau institusi bakal mendapat keleluasaan mendapatkan pinjaman dari kreditor global, khususnya. Status puncak semisal AAA bakal makin berkesempatan berutang lebih banyak ketimbang level-level huruf seperti D.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.